Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pantai Gatra di Malang Selatan: Destinasi Wisata Paling Instagramable

Wisata Alam di Pantai Gatra Malang Selatan

kinito.eu.org Mau dapetin foto terbaik buat Instagram? Lu wajib ke Pantai Gatra Malang Selatan nih, tempat wisata terbaik yang punya pemandangan indah banget yang super Instagramable.

Di sana, lu bisa liat pesona alam Pantai Gatra yang memukau dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Gak perlu jauh-jauh ke Papua kalo lu pengen rasain indahnya pemandangan laut dan pasir putih yang kece. 

Cukup mampir ke Pantai Gatra bagaikan Raja Empatnya di Jawa Timur, lu bisa dapetin liburan pantai yang seru abis! Tiket masuk, parkir, sampe asuransi semua udah dijamin, jadi gak perlu khawatir lagi.

Enak banget deh, parkirannya deket banget sama pantai, jadi tinggal beberapa langkah aja udah bisa nyemplung ke laut yang segar. Dan pastinya, gak jauh dari pantai, lu bakal nemuin warung dan toko yang jualan macem-macem barang buat para traveler.


Sayangnya, gak semua yang dijanjikan di atas selalu terpenuhi pas lu dateng ke Pantai Gatra. Tapi tenang aja, semua itu pasti terbayar setelah lu sampe ke pantai alami yang indah ini.


Pantainya bersih dari sampah

Kalo sebelumnya lu sering liat sampah berantakan di tepi pantai, jangan buru-buru nyalahin pengunjung Pantai Gatra. Kebanyakan sampah itu dibawa arus laut dan terbawa ombak ke pantai. Kalo emang ada pengunjung yang seenaknya buang sampah sembarangan, petugas pantai bakal tegas dan ngasih hukuman sesuai aturan yang berlaku di pintu masuk.

Pantai Gatra lestari

Pantai Gatra dan beberapa pantai lain yang dijaga kelestariannya, gak cuma fokus buat nambah jumlah pengunjung dengan duit sumbangan. Mereka cuma ngasih izin ke pengunjung yang sadar akan kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Bantuan untuk Mangrove dan Checklist Sampah

Proses seleksi dan pelajaran buat semua turis, dimulai dari gerbang menuju ke pantai. Abang-abang yang jagain gerbang dengan sopan akan nyapa pengunjung, kasih info tentang peraturan di Pantai Gatra yang udah tertera di beberapa papan informasi di deket gerbang. Abis itu, mereka bakal catat barang bawaan pengunjung yang bisa aja ntar jadi sampah dan ingetin buat bawa pulang semua sampah yang udah dihasilin.

Formulis Cek Daftar Sampah Pengunjung

Cek Daftar Sampah Pengunjung

Pantai Gatra, kabarnya di pantai ini gak ada biaya masuk, tapi para pengunjung diharapkan bisa nyumbang duit seikhlasnya sebesar enam ribu rupiah buat pelestarian mangrove. Santai aja, harga ini masih bisa dinegosiasi loh, terutama buat keluarga yang bawa anak-anak. Siapa tau kan, pantai Gatra bisa jadi tempat belajar lingkungan yang asik buat si kecil. Jadi, mari kita dukung pelestarian lingkungan sekaligus jalan-jalan di pantai Gatra!

Teritori Penyanggah yang diatur oleh Warga

Jadi gini, ada kelompok yang namanya Barisan Warga (POKMAS) yang fokusnya di lingkungan alam lestari. Mereka mulai dari GOAL - Gatra Olah Alam Lestari dan dipilih sama pemerintah dusun buat jagain sektor konservasi lingkungan di pantai Sendangbiru. 

Biar lebih independent, mereka bikin yayasan yang namanya Bhakti Alam Sendangbiru dan udah punya badan hukum. Pantai Gatra sendiri ada di wilayah desa Sendangbiru, Dusun Sitiharjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Dusun udah sepakat kalo daerah ini jadi penyangga dengan status rimba lindung. 

Dulu sih, masa reformasi, teritorinya udah banyak berubah dari rimba mangrove jadi lahan pertanian. Kondisinya udah beda banget, beberapa tempat jadi tandus dan terbuka, tapi beberapa warga yang peka sama masa depan udah mulai jaga keberlanjutan lingkungan ini.

Ke arah Pantai Gatra

Dari kota Malang, kalo lu mau jalan-jalan pake mobil atau motor sendiri, coba arahin ke Pantai Sendangbiru lewat Turen. Kalo udah deket-daerah sana, bisa nanya sama penduduk setempat arah ke Bank BRI, karena di situ bakal ada petunjuk buat ke Pantai Gatra lewat Pantai Clungup.

Dulu para turis ke Pantai Gatra rame banget, apalagi anak muda, karena info di internet lumayan banyak. Tapi sekarang udah ditutup buat keamanan dari Goa China, jadi akses ke Pantai Gatra dari situ udah nggak bisa lagi.

Ada jalur setapak buat ke Pantai Gatra, tapi belum semuanya, kebanyakan jalannya tanah sejauh 1,3 km. Kalo lagi musim kemarau dan tanahnya keras, cuma motor yang bisa masuk sampai pintu masuknya. Kalo kendaraan empat roda, harus parkir di TPI dan dijaga sama petugas.

Tapi tenang aja, Pantai Clungup juga bagus kok, jadi nggak rugi deh kalo jalan kaki sejauh 500 m dari pintu masuk.

Pantai Gatra, Raja Empat nya Jawa Timur

Info tentang tempat kece yaitu pantai di Sendangbiru yang namanya Gatra, katanya sih ini kayak Raja Empat-nya Jawa Timur. Pantainya bersih banget dengan pasir putih yang kece, di sekitarnya ada bukit-bukit kapur, hutan mangrove, dan batu karang yang bertebaran. Pantai Gatra lagi naik daun, jadi kalo lo pengen liburan ke pantai, mendingan cek ke sana deh!

Kegiatan di Gatra: Camping dan Trackking

Kalo loe mau ke pantai Gatra, sebenernya loe harus trackking sejauh 1,3 km dari awal perjalanan sampe loe melewati pos pengamanan. Kalo loe bawa motor, loe bisa hematin tenaga dikit sampe melewati pos itu dan lanjutin sekitar 500 meter lagi di pantai Clungup.

Cuma untuk Orang berjalan Kaki dan Motor

Pantai Clungup dan Gatra itu adalah pantai pertama yang wajib lo kunjungin. Kalo lo punya waktu sekitar 2-3 jam, lo bisa jalan-jalan di sepanjang pantainya yang dilindungi. Ada pantai Bangsong, Teluk Asmoro, Mini, Savana, dan yang lagi ngehits banget, Pantai Tiga Warna yang sering jadi tujuan anak muda buat rekreasi. Biar perjalanan lo nyaman dan aman, lo bisa sewa jasa pemandu dengan bayaran sekitar Rp.50.000,- sampai Rp.100.000,- untuk sekelompok orang.

Kalo lo mau camping di sana, ga perlu khawatir kalo lo ga bawa perlengkapan tenda atau alas tidur. Di pos pengamanan, ada penyewaan perlengkapannya meskipun jumlahnya terbatas. Jadi lo bisa tenang buat bermalam di tenda.

Tempat Camping di Pantai Gatra

Makanan dan Fasilitas

Kalo lo mau bermalam beberapa hari di sana, ga perlu camping-campingan. Di jalan yang ada batasannya, banyak rumah warga yang disewakan buat pengunjung yang pengen menginap dengan harga yang terjangkau. Hotel sih ga ada di sekitar sana, cuma homestay aja yang ada.

Kalo lo mau cari makan atau minum, jangan harap bisa dapet di Pantai Clungup atau Pantai Gatra. Memang udah ada rencana buat bikin toko di sana, tapi masih jauh dari pantai. Yaudah deh, itu semua biar kelestarian pantainya tetep terjaga, jadi ga dibolehin buat bikin toko yang bakal merusak suasana. Kalo lo mau kesana, bawa bekal dari toko di seberang jalan aja dulu.

Post a Comment for "Pantai Gatra di Malang Selatan: Destinasi Wisata Paling Instagramable"