Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Biaya Hidup TKI Malaysia 2023: Apa Saja yang Perlu Diketahui?

 

kinito.eu.org Tentang biaya hidup di sana di tahun 2023. Nah, biaya sewa rumah di daerah perkotaan kira-kira RM 900 - RM 1,500 sebulan, sedangkan di pinggiran kota sekitar RM 700 - RM 1,200 per bulan. Buat makanan, harga di warung sekitar RM 6 - RM 10 per hidangan, tapi kalau di restoran lebih mahal sekitar RM 15 - RM 25 per hidangan. Kalau transportasi, kalo naik bus kira-kira RM 1 - RM 4 per trip tergantung jaraknya, dan kalau naik taksi lebih mahal sekitar RM 15 - RM 25 untuk jarak yang sama. Jadi, kalian harus ngerakit budget yang cukup untuk hidup nyaman di Malaysia.


Pendahuluan

Sekarang mau ngomongin tentang TKI nih, yang mana jadi profesi yang banyak dicari orang Indonesia. Nah, negara Malaysia tuh jadi salah satu negara yang nampung banyak TKI kita. Tapi masalahnya, biaya hidup di Malaysia itu kan mahal banget, jadi para TKI sering kesulitan.


Baru-baru ini ada video di YouTube yang judulnya "Biaya Hidup TKI Malaysia 2023" yang ngebahas tentang biaya hidup para TKI di Malaysia tahun 2023. Dalam videonya, si pembicara ngasih tau berapa besar biaya yang harus dikeluarin buat keperluan sehari-hari, seperti makanan, rokok, dan bensin. Nah, karena itu, aku mau bahas lebih dalam lagi tentang biaya hidup TKI di Malaysia tahun 2023, berdasarkan informasi dari video itu.


Sebentar ya, sebelumnya aku pengen ngomongin tentang e-commerce juga. Jaman sekarang kan udah serba digital, dan e-commerce semakin populer. Enak banget kan, belanja tinggal duduk manis di rumah aja. Tapi, jangan lupa soal keamanannya ya. Kita harus hati-hati supaya gak kena tipu. Nah, enkripsi data itu salah satu sistem keamanan yang dipake di e-commerce, buat ngelindungin data sensitif kita, kayak nomor kartu kredit dan data pribadi kita.


Biaya Hidup di Malaysia

Cuy, biaya hidup di Malaysia bervariasi banget tergantung di kota mana kalian nongkrong dan gaya hidup kalian. Misalnya, di ibu kota Kuala Lumpur, mahalannya bisa lebih gede ketimbang di kota-kota kecil lain di Malaysia.


Gak cuma itu, biaya akomodasi juga beda-beda tergantung di mana kalian tinggal dan jenis tempat tinggal yang kalian pilih. Sewa apartemen atau rumah bisa beda banget harganya antara kota dan desa. Belum lagi biaya makanan dan transportasi yang bisa mempengaruhi total biaya hidup kalian.


Overall, biaya hidup di Malaysia masih terbilang terjangkau dibanding negara maju di Eropa atau Amerika Utara. Tapi tetep, kalian harus inget kalo biaya hidup yang tinggi bisa ngebentak anggaran bulanan kalian dan berpengaruh pada pilihan tempat tinggal atau gaya hidup di Malaysia.


Faktor Penentu Biaya Hidup di Malaysia

jadi gw bisa kasih tau kalian beberapa faktor yang ngaruhin biaya hidup di Malaysia nih:

  • Lokasi - Kalo kalian tinggal di kota besar kayak Kuala Lumpur, pasti biaya hidupnya bakal lebih mahal dibanding kota pinggiran atau kota kecil lainnya.
  • Akomodasi - Biaya sewa atau beli rumah di Malaysia tergantung lokasi dan ukuran properti yang kalian mau.
  • Transportasi - Biaya transportasi juga ngaruhin banget nih, terutama kalo kalian punya mobil atau tergantung taksi dan transportasi umum.
  • Makanan dan minuman - Harga makanan dan minuman bisa beda-beda tergantung tempat makan dan jenis makanannya.
  • Pakaian - Biaya pakaian dan aksesoris juga mempengaruhi biaya hidup tergantung gaya hidup dan preferensi kalian.
  • Kesehatan - Biaya kesehatan bisa berbeda-beda tergantung jenis layanan yang kalian butuhkan dan ketersediaan asuransi kesehatan.
  • Rekreasi - Biaya rekreasi kayak nonton bioskop, konser, atau main di taman hiburan juga bisa ngaruhin biaya hidup kalian.


Kesimpulan

Jadi, biaya hidup di sana dipengaruhi banyak faktor, kayak lokasi, akomodasi, transportasi, makanan, dan gaya hidup yang kalian pilih. Kalo kalian di kota besar kayak Kuala Lumpur atau Johor Bahru, bisa jadi makin mahal tuh, tapi kalo di kota kecil bisa lebih murah. Tapi tenang aja, kalian masih bisa irit kok dengan bijak belanja dan hidup hemat.


Terus, buat kamu mahasiswa internasional yang pengen kuliah di Malaysia, jangan khawatir soal biaya hidup. Kamu bisa cari-cari beasiswa atau bantuan keuangan yang bisa membantu kamu menutupi biaya hidupmu. Jadi, tetap aja Malaysia tuh destinasi menarik buat kamu yang mau merantau dan dapet pengalaman di luar negeri.


kinito
kinito Kalo sobat blogger ngerasa punya artikel yang ane posting, relax aja ya. Kita bisa diskusi baik-baik kok, cuss kontak ane lewat Instagram @karirnations biar ane bisa hapus atau kasih backlink. Tapi jangan ngirim bot traffic ya, ane kan cuma manusia biasa. So, tolong dibantu yak!

Post a Comment for "Biaya Hidup TKI Malaysia 2023: Apa Saja yang Perlu Diketahui?"